Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020

Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020.

Panduan penyusunan RENCANA INDUK REVITALISASI SMK (RIR SMK) ini disiapkan sebagai acuan bagi SMK dalam menyusun rencana program dan kegiatan revitalisasi sekolah. Panduan ini memuat prinsip-prinsip penyusunan RIR SMK secara ringkas untuk memudahkan sekolah dalam menuangkan rencana program dan kegiatan revitalisasi secara terstruktur dan sistematis mengikuti ketentuan yang ditetapkan Direktorat PSMK sehingga RIR SMK yang disusun dapat sesuai seperti yang diharapkan. 

Isi panduan terdiri dari 4 (empat) bagian, Pertama adalah Kata Pengantar, Bagian Kedua penjelasan konsep Revitalisasi SMK, Bagian Ketiga Format RIR, dan Bagian Keempat Cara menyusun atau mengisi format RIR. 
Dengan panduan penyusunan RIR SMK ini diharapkan akan menghasilkan rencana pengembangan SMK yang ideal dan terstandar, dapat dilaksanakan dengan lebih efisien dan efektif, memudahkan memonitor/supervisi dan atau mengukur tingkat kemajuannya, mengetahui dengan segera masalahan/hambatan yang terjadi dan mudah untuk mengetahui hasil akhirnya serta memudahkan melihat dampak hasil revitalisasi baik jangka pendek maupun panjang. 

Revitalisasi merupakan transformasi strategi pembenahan SMK yang disusun berdasarkan masukan, saran dan kritikan yang selama ini ada, dengan tujuan utama memperkuat kinerja SMK sehingga mampu meningkatkan kebekerjaan lulusannya, dan keberadaanya juga sebagai daya dukung dan penopang peningkatan ekonomi daerahnya terutama keunggulan lokal dan budaya, dengan basis dari bawah, atau “bottom up approach”. 

Selama ini program peningkatan/pengembangan SMK dilakukan hanya menggunakan “Single Treatment" atau 1 (satu) kegiatan/aspek/komponen misalnya pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) saja; atau pengadaan peralatan praktek saja atau pelatihan beberapa guru saja sehingga hasil akhir pengembangannya tidak tuntas menyelesaikan permasalahan yang ada. Dengan program Revitalisasi SMK, semua komponen pendidikan yang ada di Globalisasi terutama dampak Revolusi Industri dengan sentuhan advanced ICT telah tersebar dan teraplikasi dengan cepat di seantero dunia menjadi trending kemunculan era baru dengan sebutan Revolusi Industri atau RI 4.0. Tatanan ketenagakerjaan semua negara baik negara maju, bekembang maupun lainnya terpengaruh dan terimbas secara langsung maupun tidak langsung setidaknya pada sektor industri manufaktur terutama yang mengoptimasikan pemanfaatan dan penggunaan kelebihan dari Rl 4.0. Otomasi dan robotik tidak bisa dihindari menggantikan posisi sejumlah besar tenaga operator terampil yang kebanyakan merupakan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Program Pembangunan Pemerintah termasuk program pengembangan dan percepatan ekonomi pemerintah yang difokuskan terhadap 6 (enam) sektor atau bidang; manufaktur, agribisnis, pariwisata, tenaga kesehatan, ekonomi dan pekerja migran juga berpotensi mempengaruhi struktur ketenagakerjaan yang akan dibutuhkan untuk mendukung pengembangan tersebut. Sedangkan permasalahan umum ketenagakerjaan dalam memenuhi kebutuhan pada bidang lainnya seperti 10 (sepuluh) destinasi pariwisata, kawasan ekonomi khusus (KEK) dan terlebih untuk menopang, mengembangkan dan meningatkan serta mengekplorasi keunggualan lokal seluruh daerah yang sedemikian besar, pemenuhan kebutuhan tenaga terampil, kompeten, berkarakter dan siap kerja belum teratasi. 

Dengan demikian jelas bahwa dalam hal SDM Indonesia harus mengantisipasi tantangan yang diakibatkan oleh beberapa keadaaan mulai dari tingkat regional, nasional, internasional atau global, terutama dalam menghadapi dampak dari kecenderungan akan terjadinya intensitas dan masifnya pengaruh terhadap perubahan struktur ketenagakerjaan yang ada terutama pada level operator yang sebagian besar merupakan sasaran lulusan SMK. 

Dan masih banyak Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020 lainnya.

Berikut ini File Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Panduan Rencana Induk Revitalisasi SMK ( RIR SMK ) Terbaru Tahun 2019/2020 (SAVE)

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: