Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020

Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020.

Menurut Peraturan Menpan Nomor 23 Tahun 2019, pelamar CPNS 2019 akan mengikuti serangkaian proses seleksi yang terdiri atas Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).
Pada proses Seleksi Administrasi, Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Instansi akan memverifikasi  kelengkapan dokumen pelamar CPNS 2019.

Selanjutnya, pelamar yang lolos dalam Seleksi Admnistrasi akan mendapat kesempatan untuk mengikuti SKD.
Peraturan Menpan Nomor 23 Tahun 2019 juga menjelaskan, pelamar CPNS 2019 yang keberatan dengan hasil seleksi administrasi diperkenankan untuk mengajukan sanggahan paling lama tiga hari setelah pengumuman hasil seleksi administrasi.

Apabila sanggahan pelamar diterima, Panitia Pelaksana Seleksi CPNS Instansi mengumumkan ulang hasil seleksi administrasi paling lama tujuh hari setelah berakhirnya waktu pengajuan sanggah.
Sedangkan untuk SKD, materinya meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku peserta ujian yang meliputi wawasan nasional, regional, dan internasional maupun kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, kemampuan penalaran, kemampuan beradaptasi, pengendalian diri, semangat berprestasi, integritas, dan inisiatif.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia yang meliputi Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu mengenai sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sanggar Kegiatan Belajar (disingkat SKB) adalah unit pelaksana teknis dinas yang menangani urusan pendidikan pada kabupaten/kota yang berbentuk satuan pendidikan nonformal sejenis. Satuan Pendidikan Nonformal Sejenis (disingkat Satuan PNF Sejenis) adalah kelompok layanan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan nonformal. Program Pendidikan Nonformal (disingkat Program PNF) adalah layanan pendidikan yang diselenggarakan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.

Dan masih banyak Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020 lainnya.

Berikut ini File Kisi-Kisi Materi SKD, SKB, CPNS Terbaru Tahun 2019/2020 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: