Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020

Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020.

PERATURAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN MASYARAKAT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN NOMOR 30 TAHUN 2019 TENTANG PETUNJUK TEKNIS BANTUAN INISIASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 0-3 TAHUN PADA TAHUN 2019

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kualitas kehidupan anak sangat tergantung pada penanganan stimulasi di tiga tahun pertama kehidupannya.

Penanganan yang holistik dan integratif diperlukan untuk mendukung tumbuhkembang anak yang optimal sehingga mampu menjadi dasar yang kuat bagi perkembangan pada tahap berikutnya. Perhatian pemerintah terhadap kelompok usia 0-3 tahun semakin meningkat. Program 1.000 hari pertama kehidupan anak menjadi program utama dalam meningkatkan status gizi dan meningkatkan prevalensi kesehatan anak lebih baik. Program tersebut diyakini mampu mendukung kualitas awal perkembangan anak Indonesia.

Anak usia 0-3 tahun sebagai mata rantai awal untuk membangun sumber daya manusia pelaku pembangunan manusia yang handal dan kompetitif, oleh karena itu masa 1.000 hari pertama bukan hanya menyangkut pemenuhan gizi, tetapi juga pengasuhan dan stimulasi pendidikan yang tepat. 

Menyadari hal tersebut Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) mengembangkan program Inisiasi PAUD untuk anak usia 0-3 tahun. Program ini dilakukan karena layanan pendidikan dan pengasuhan bagi anak usia dini usia 0-3 tahun masih sangat terbatas. Program ini juga sebagai stimulan atau
motivasi pemerintah daerah untuk mengembangkan layanan yang lebih luas di wilayahnya masing-masing.
Untuk mempermudah pelaksanaan dan penyaluran dana bantuan tersebut maka perlu diterbitkan pedoman atau Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah untuk Penyelenggaraan Inisiasi PAUD 0-3 Tahun.

B.Tujuan Petunjuk Teknis
1. Sebagai acuan bagi pemangku kepentingan (pemerintah, masyarakat, penerima bantuan, dan berbagai pihak) guna mengetahui prosedur dalam pengajuan, penyaluran, penggunaan, dan pertanggung jawaban bantuan.
2. Sebagai rujukan bagi auditor dalam melakukan pengendalian dan pengawasan pelaksanaan program Inisisasi Pendidikan Anak Usia Dini 0-3 tahun di tahun 2019.

BAB II
INISIASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
0 - 3 TAHUN

A. Pengertian
Inisiasi penyelenggaraan PAUD 0-3 tahun adalah kegiatan yang dilakuan satuan pendidikan penyelenggara program pendidikan anak usia dini dalam bentuk pendidikan dan pengasuhan bersama untuk anak usia 0-3 tahun yang bekerjasama dengan lembaga masyarakat/posyandu/ organisasi kemasyarakatan/organisasi mitra PAUD.
Kerjasama untuk inisiasi penyelenggaraan PAUD 0-3 tahun dapat dilakukan dengan: 
(1). mendatangi lembaga masyarakat/posyandu/ organisasi kemasyarakatan/organisasi mitra PAUD untuk memberikan layanan pendidikan dan pengasuhan untuk anak usia dini 0-3 tahun yang belum mengikuti program pendidikan anak usia dini, 
(2). membawa anak-anak sewaktu-waktu ke lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan anak usia dini untuk mendapatkan pendidikan dan pengasuhan bersama.

B. Tujuan
1. Memberikan pendidikan dan pengasuhan bersama kepada anak usia 0-3 tahun yang belum terlayani program pendidikan anak usia dini.
2. Meningkatnya pengetahuan orang tua dalam memberikan pengasuhan yang tepat untuk anak usia 0-3 tahun;
3. Meningkatnya jumlah anak usia dini yang akan mengikuti program PAUD;

C. Peserta
Peserta program layanan inisiasi PAUD 0-3 tahun adalah
1. Anak usia dini usia 0 – 3 tahun yang belum terlayani pada program pendidikan anak usia dini di satuan lembaga penyelenggara pendidikan anak usia dini
2. Orang tua yang mempunyai anak usia 0 - 3 tahun.

D. Proses Pembelajaran
1. Kegiatan pembelajaran dilakukan dalam bentuk pengasuhan bersama yang melibatkan orang tua bersama anaknya.
2. Kegiatan pengasuhan bersama dilakukan minimal 12 kali @ 120 menit.

E. Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk melihat:
1. Perkembangan motorik, bahasa, sosial-emosional, kognitif anak usia 0-3 tahun yang mendapatkan pendidikan dan pengasuhan
2. Kegiatan evaluasi anak dilakukan melalui proses pengamatan.
3. Proses pengamatan anak dilakukan setiap pertemuan.

F. Indikator Keberhasilan
1. Meningkatnya aspek perkembangan anak sesuai dengan tahapan usianya.
2. Meningkatnya kemampuan orang tua dalam memfasilitasi anak bermain melalui kegiatan pengasuhan bersama.
3. 80% dari jumlah peserta program aktif dalam setiap pertemuan.

BAB III
TATA KELOLA DANA BANTUAN
INISIASI PENYELENGGARAAN PAUD 0-3 TAHUN 2019

A. Pengertian Bantuan
Bantuan Inisiasi Penyelenggaraan PAUD 0 – 3 Tahun adalah pemberian sejumlah dana kepada lembaga/satuan penyelenggara pendidikan anak usia dini untuk melakukan kegiatan pendidikan dan pengasuhan bersama kepada anak usia 0-3 tahun yang bekerjasama dengan lembaga masyarakat/posyandu/organisasi kemasyarakatan/organisasi mitra PAUD.

B. Sasaran Bantuan
Satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD yang berada di lokasi dimana masih banyak anak usia dini terutama usia 0 – 3 tahun yang belum mengikuti pendidikan dan pengasuhan di satuan lembaga penyelenggara PAUD.

C. Manfaat Bantuan
Manfaat pemberian dana bantuan adalah sebagai berikut:
1. Manfaat bagi anak dan orang tua
a. Memperoleh kesempatan yang luas pada layanan pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang bermutu untuk meningkatkan kemampuan anak sesuai perkembangannya.
b. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dalam hal pengasuhan anak
2. Manfaat bagi lembaga penyelenggara
a. Meningkatkan kegiatan pendidikan dan pengasuhan di lembaga
b. Mendukung peningkatan mutu layanan pendidikan anak usia dini

D. Pemberi Bantuan
Bantuan ini disediakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dibebankan pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja (Satker) Direktorat Pembinaan PAUD tahun anggaran 2019.

E. Persyaratan Penerima Bantuan
Penerima bantuan adalah Satuan pendidikan yang menyelenggarakan program PAUD terdiri atas:
a. Satuan PAUD berbentuk Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain, Taman penitipan Anak, atau Satuan PAUD sejenis; atau
b. Satuan Pendidikan Nonformal berbentuk Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan satuan pendidikan nonformal sejenis yang memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1. Memiliki NPSN
2. Memiliki rekening bank atas nama lembaga/yayasan/pengelola (bukan rekening milik pribadi) yang masih aktif.
3. Memiliki NPWP atas nama satuan pendidikan.
4. Memiliki tenaga pendidik minimal 3 orang
5. Memperoleh rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota
6. Mempunyai data anak calon peserta yang akan dilayani, minimal 15 orang anak
7. Memiliki pernyataan kerjasama tertulis dengan lembaga masyarakat dalam hal kegiatan pendidikan dan pengasuhan bersama kepada anak usia 0-3 tahun
8. Melampirkan surat pernyataan keabsahan dokumen.

F. Bentuk, Jumlah, dan Penggunaan Bantuan 
Bantuan merupakan bantuan pemerintah berbentuk uang. Besarnya dana bantuan sebesar Rp15.000.000,00 (lima belas juta rupiah)/lembaga.

Dan masih banyak Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020 lainnya.

Berikut ini File Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Juknis Bantuan Inisiasi PAUD 0-3 Terbaru Tahun 2019/2020 (SAVE)

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: