Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019

Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019.

Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu bentuk penghargaan dari pemerintah bagi kepala sekolah yang memiliki prestasi tinggi dalam bentuk keteladanan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dan di daerahnya. Melalui penghargaan tersebut diharapkan dapat lebih memotivasi dan meningkatkan profesionalisme kepala sekolah yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan nasional. 

Kepala sekolah mempunyai peran yang sangat besar dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah profesional berperan dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses pembelajaran melalui tugas manajerial, supervisi pendidik dan tenaga kependidikan, dan pengembangan kewirausahaan. Hal tersebut merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing
 
Pasal 40 ayat (2) huruf c Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa “Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya”. Mengingat fungsi strategis kepala sekolah berprestasi dan berdedikasi dalam meningkatkan kualitas lembaga yang dipimpinnya, maka penghargaan (apresiasi) layak diberikan kepada kepala sekolah yang secara nyata menjadi teladan dalam pengembangan mutu sekolah dan meningkatkan kualitas lulusan.
 
Pemerintah saat ini juga memiliki fokus pembangunan pada daerah khusus, yaitu daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, perbatasan dengan negara lain, yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah dalam keadaan darurat lain (vide Pasal 1 angka 17 UU No. 14 Tahun 2005). Warga negara yang berdomisili di daerah khusus berhak mendapat pelayanan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menuntut komitmen kepala sekolah untuk menghadapi tantangan, berjuang, dan memberikan dedikasi yang lebih tinggi. 

Pendidikan harus berlaku adil dan menyeluruh bagi warga negara. Pendidikan harus diberikan kepada peserta didik yang memiliki kebutuhan khusus dan yang ada di daerah khusus. Pola pendidikan pada peserta didik berkebutuhan khusus dibuat suatu satuan pendidikan tersendiri yang dikenal dengan Pendidikan Khusus (SLB/SKh/SDLB/SMPLB/SMALB). Pendidikan di daerah khusus yaitu pendidikan yang diselenggarakan di daerah dengan kondisi masyarakat adat yang terpencil, perbatasan dengan negara lain, yang mengalami bencana alam, bencana sosial, atau daerah dalam keadaan darurat lain. 

Dan masih banyak Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Pedoman Pemilihan Kepala Sekolah Berprestasi dan Berdedikasi Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: