Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019

 Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019




Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019.

Merujuk pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan secara eksplisit bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Kondisi hasil pendidikan sebagaimana diharapkan dalam undang-undang tersebut ditempuh melalui jalur kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler, yang ketiganya merupakan satu kesatuan yang harus berjalan secara seimbang dan harmonis.
Dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, maka secara formal kegiatan yang dijalankan dalam kerangka kegiatan pembinaan kesiswaan berada dalam kendali peraturan menteri tersebut. Ditegaskan bahwa pembinaan kesiswaan bertujuan untuk :

1) mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat, dan kreativitas
2) memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan 
3) mengaktualisasikan potensi siswa dalam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat dan 
4) menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, demokratis, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani (civil society).

Secara substantif, ada sepuluh kategori materi pembinaan kesiswaan, yaitu :

1) Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2) Pembinaan budi pekerti luhur atau ahlak mulia
3) Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela Negara
4) Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat
5) Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural 
6) Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan
7) Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi
8) Pembinaan sastra dan budaya
9) Pembinaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan 
10) Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris.

Dan masih banyak Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Pedoman KKP SMA Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :


Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: