Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019

Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah menengah yang mempersiapkan peserta didik untuk dapat bekerja dalam bidangnya masing-masing. 
SMK dibangun dengan tujuan untuk membentuk tenaga kerja yang trampil, kompetitif, dan berkompetensi sejak dini; sehingga peserta didik lulusan SMK sudah siap bekerja sesuai bidangnya atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Keberhasilan sekolah merupakan ukuran mikro yang didasarkan pada tujuan dan sasaran pendidikan pada tingkat sekolah sejalan dengan tujuan pendidikan nasional dan sejauh mana tujuan itu dapat dicapai pada periode tertentu sesuai dengan lamanya pendidikan yang berlangsung di sekolah. Atas dasar keberhasilan sekolah kemudian dikenal sekolah unggul dan sekolah bisaa-bisaa yang mengacu pada sejauh mana suatu sekolah dapat mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yag telah ditetapkan. Sekolah yang baik karena manajemen sekolah itu efektif; sementara suatu sekolah bisaa-bisaa, bahkan buruk, karena manajemen sekolahnya tidak efektif. 

Sekolah dengan manajemen yang efektif adalah sekolah yang dapat mengeluarkan sebanyak-banyaknya lulusan sukses hidup di masyarakat tanpa membedakan latar belakang pendidikan dan ekonomi keluarganya.
 
Dalam kasus SMK, sekolah ini dapat disebut memiliki manajemen yang efektif jika lulusannya dapat bekerja pada bidang-bidang yang menuntut keahlian, berwirausaha secara layak, atau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sebanyak-banyaknya siswa tanpa membedakan latar belakang pendidikan dan ekonomi keluarganya. Hasil- hasil penelitian menunjukkan, bahwa manajemen SMK yang efektif karena sekolah- sekolah ini telah melakukan manajemen efektif pada semua urusan sekolah. SMKN 1, SMKN 3, dan SMK Pasundan 1 Kota Bandung merupakan tiga SMK yang baik karena mengimplementasikan model manajemen mutu, baik dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pengawasan, maupun penjaminan mutu manajemen (Herawan, Kurniady & Sururi, 2017). SMK PIKA (Semarang) dan SMK Katolik St. Mikael (Surakarta) merupakan dua SMK yang baik karena telah melakukan manajemen efektif pada semua urusan sekolah, yaitu: manajemen organisasi, manajemen kurikulum, manajemen pembelajaran, manajemen pendidik, manajemen kesiswaan, manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan dan pembiayaan, manajemen administrasi, manajemen regulasi, manajemen lingkungan dan budaya kerja, dan manajemen kerjasama dan kemitraan. Semua manajemen ini dilakukan dengan memenuhi kelima prinsip manajemen: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengkoordinasian, dan pengontrolan. 
Pelaksanaan manajemen efektif ini membuat SMK yang diteliti 
mampu menghasilkan lulusan berprestasi dan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan 
dunia industri (DU/DI) (Setiawatty, 2011).
 
Faktor lainnya yang sangat penting bagi manajemen sekolah yang efektif adalah nilai-nilai karakter moral dan karakter kerja yang ditanamkan kepada siswa. 
Dalam kasus SMK, karakter moral dan kerja apa saja yang penting bagi peningkatan 
kualitas lulusannya? 
Pendidikan karakter merupakan salah satu aspek fundamental dari keseluruhan 
sistem pendidikan, karena pada hakekatnya pendidikan adalah memanusiakan 
manausia. Konferensi Dhakkar menghasilkan empat kemampuan yang perlu 
dikembangkan dalam pendidikan, yakni learning to know, learning to do, learning to 
be, dan learning to life together (Aspin & J.D. Chapman, 2007: 2). Terlebih-lebih dalam 
sistem pendidikan nasional, pendidikan agama dan karakter menduduki peranan yang 
sangat penting dan strategis. Dalam UUSPN Bab II pasal 3 disebutkan: Pendidikan 
nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan bangsa,

Dan masih banyak Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Juknis Pendidikan Karakter Kerja Untuk Meningkatkan Kualitas Lulusan SMK Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: