Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019

Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019.

Definisi dari penerima bimbing berganda ialah penerima bimbing yang diidentifikasi sama namun terdaftar lebih dari satu sekolah. Identifikasi tersebut dilihat dari kesamaan ID penerima didik, nama, tanggal lahir, nama ibu kandung, nama ayah, dan NISN. Data ini dinilai tidak valid sebab tidak mungkin pada waktu yang sama penerima bimbing terdaftar aktif pada lebih dari satu sekolah.

Hasil komitmen bersama Tim BOS, perlakuan terhadap data penerima bimbing berganda ialah sebagai berikut:
  • Sistem menghapus salah satu penerima bimbing dari anggota rombel. Perlakuan ini diterapkan pada penerima bimbing berganda yang terdaftar di sekolah yang sama.
  • Sistem meregistrasikan keluar kedua data penerima bimbing sebagai penerima bimbing tidak aktif. Perlakuan ini diterapkan pada data penerima bimbing berganda yang terdaftar lebih dari satu sekolah.

Penyebab adanya data penerima bimbing berganda diidentifikasi sebab perilaku penggunaan Aplikasi Dapodik diluar prosedur yang benar, diantaranya ialah :
  • Peserta bimbing mutasi/lulus sudah diinput/ditarik di sekolah yang baru, namun di sekolah yang lama belum diregistrasikan keluar sebagai penerima bimbing mutasi/lulus.
  • Registrasi aplikasi Dapodik menggunakan data prefill yang lama (tidak mengunduh kembali dari aplikasi generate prefill.
  • Installasi Aplikasi Dapodik dan input data sekolah yang sama pada beberapa komputer yang berbeda.

Sekolah yang termasuk dalam  daftar validasi penerima bimbing berganda diharapkan segera melaksanakan langkah-langkah berikut ini :
  • Lakukan sinkronisasi Aplikasi Dapodik atau registrasi ulang Aplikasi Dapodik bila diperlukan.
  • Periksa kebenaran data penerima bimbing (jumlah penerima bimbing dan anggota rombel)
  • Identifikasi data penerima bimbing yang ditandai tidak aktif.
  • Jika penerima bimbing benar terdaftar dan aktif di sekolah pastikan data penerima bimbing dikembalikan dari menu PD Keluar dengan menggunakan tombol Batalkan.
  • Sekolah dilarang mengaktifkan data penerima bimbing yang sudah mutasi/lulus/keluar dikarenakan akan masuk kembali kedalam data penerima bimbing berganda. Jika diharapkan lakukan konfirmasi kepada sekolah yang bersangkutan sebab hal ini dapat merugikan sekolah dimana penerima bimbing tersebut aktif terdaftar.
  • Lakukan sinkronisasi untuk mengirim perbaikan data.

Dan masih banyak Contoh Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Cara Penanganan Peserta Didik Berganda dan Verifikasi Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :



Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: