Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019

Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019.

Kisi-kisi tes berfungsi sebagai pedoman dalam penulisan soal dan perakitan tes. 
Dengan adanya panduan ini, penulis soal dapatmenghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes dan perakit tes dapat menyusun perangkat tes dengan mudah. 
Dengan demikian, jika tersedia sebuah kisi-kisi yang baik, maka penulis soal yang berbeda akan dapat menghasilkan perangkat soalyang relative sama, baik dari tingkat kedalaman maupun cakupan materi yang ditanyakan.

Kisi-kisi soal adalah merupakan kerangka dasar yang dibuat untuk tindak lanjut dalam penyusunan soal ujian. 
Kisi-kisi soal disusun dengan tujuan untuk memberi gambaran tentang bentuk soal dan materi yang akan diujikan. 
Dengan adanya Kisi-kisi tersebut peserta didik atau siswa dapat mempelajari materi pelajaran yang akan di ujikan.

Komponen yang diperlukan dalam sebuah kisi-kisi sangat ditentukan oleh tujuan tes yang hendak disusun. 
Komponen-komponen ini dapat dihimpun menjadi dua kelompok, yaitu kelompok identitas dan kelompok matriks. 
Kelompok identitas dicantumkan dibagian atas matriks, sedangkan kelompok matriks dicantumkan dalam kolom-kolom yang sesuai dengan tujuan tes. 
Komponen-komponen yang biasa digunakan dalam penyusunan kisi-kisi tes prestasi belajar adalah sebagai berikut:
  • Jenis sekolah/jenjang sekolah.
  • Mata pelajaran.
  • Tahun ajaran.
  • Kurikulum yang diacu.
  • Alokasi waktu.
  • Jumlah soal.
  • Bentuk Soal.
  • Standar kompetensi.
  • Kompetensi dasar.
  • Indikator.
  • Bahan kelas.
  • Jumlah soal.
  • Nomor urut soal.
  • Bentuk soal.
Idealnya semua kompetensi dasar dan indicator yang ada dalam kurikulum, yang tentunya telah dilakukan proses pembelajaran, diujikan di kelas. 
Namun demikian, dari berbagai komponen tersebut di atas, khusus untuk tes ulangan umum, tes kenaikan kelas, ujian sekolah dasar, ataupun ujian akhir nasional komponen kompetensi dasar dan indikator merupakan salah satu komponen yang perlu dipilih secara mendalam. 
Hal ini dikarenakan menyangkut pemilihan yang akan diujikan. 
Pemilihan ini dilakukan karena didalam suatu tes, tidak mungkin semua kompetensi dasar dan indikato yang terdapat dalam kurikulum dapat diujikan dalam waktu singkat. 
Oleh karena itu, perlu dipilih kompetensi dasar dan indicator yang penting-penting saja. 
Pemilihan kompetensi dasar ini dilakukan dengan memperhatikan kriteria sebagai berikut:
Urgensi, yaitu kompetensi dasar atau indicator yang secara teoritis, mutlak harus dikuasai oleh peserta didik.
Kontinuitas, yaitu kompetensi dasar atau indicator lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau lebih kompetensi dasar atau indikator yang sudah dipelajari sebelumnya, baik dalam jenjang yang sama maupun antar jenjang.
Relevansi, maksudnya kompetensi dasar atau indicator terpilih harus merupakan kompetensi dasar atau indicator yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami bidang studi lain.

Keterpakaian, kompetensi dasar dan indicator harus merupakan kompentasi dasar dan indicator yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk pemilihan kompetensi dasar dan indicator, selain perlu diperhatikan kriteria pemilihan di atas, perlu pula diperhatikan bahwa penguasaan materi kompetensi dasar dan indikator terpilih harus dapat diukur dengan menggunakan bentuk soal yang sudah ditetapkan. 
Misalnya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes pilihan ganda, maka penguasaan kompetensi dasar dan indicator yang dapat diukur dengan menggunakan pilihan ganda. 
Sebaliknya kalau sudah ditetapkan untuk membuat tes uraian, maka penguasaan kompetensi dasar atau indikator yang terpilih juga harus dapat diukur dengan menggunakan tes uraian.

Semua kompenen kisi-kisi yang disebutkan terdahulu adalah komponen-komponen yang diperlukan dalam pennyusunan kisi-kisi. 
Namun demikian, tidak ada tuntunan atau keharusan untuk menggunakan semua komponen tersebut. Penggunaan komponen tersebut disesuaikan dengan keperluan berdasarkan jenis dan tujuan tes yang akan disusun. 
Setelah ditentukan komponen-komponen yang perlu dimasukan ke dalam kisi-kisi, maka langkah selanjutnya adalah memasukan semua komponen tersebut ke dalam suatu format atau matriks.
Dan masih banyak Contoh Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Download Kisi-Kisi Soal PH/ UH Kelas 1 Tema 3 K13 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Kisi-Kisi PH Kelas 1 Tema 3 K13 T.P 2018.xlsx, Unduh

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: