Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019

Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019
 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019.

Dari segi etimologi, supervisi diambil dari kata super artinya mempunyaikelebihan tertentu seperti kelebihan dalam kedudukan, pangkat dan kualitas,sedangkan visi artinya melihat atau mengawasi. Sedangkan dalam arti terminologi, ada beberapa definisi yang akhirnya dari beberapa definisi itu dapat disimpulkan bahwa supervisi pendidikan adalah suatuaktivitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawaisekolah lainnya dalam melakukan pekerjaannya secara aktif. Supervisi pendidikan ditujukan kepada usaha memperbaiki situasi belajar mengajar. 
Yang dimaksud dengan situasi belajar mengajar adalah situasi di manaterjadi proses interaksi antara guru dan murid dalam usaha mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan. 
Dalam kegiatan pembelajaran sangat sukar menentukanmana yang benar dalam praktek mengajar karena mengajar adalah seni. mengajar dalam pekerjaan disekolah bukan pekerjaan yang mudah, sehingga kepala sekolahdalam demonstrasi pembelajaran tidak perlu mengakui kelemahan dan perlumencarikan ahli yang dapat memberikan gambaran tentang pembelajaran yang baik Sebetulnya apabila dicermati secara rinci, kegiatan supervisi yang sesuaidengan sasarannya dapat dibedakan menjadi dua yaitu: supervisi akademik, supervisi ini lebih menitikberatkan pengamatan pada masalah akademik, yaitu yanglangsung berada dalam lingkup kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guruunuk membantu siswa ketika sedang dalam proses belajar mengajar. 
Dan yangkedua adalah supervisi administrasi, yang lebih menitikberatkan pengamatan padaaspek-aspek administrasi yang berfungsi sebagai pendukung terlaksananya pembelajaran. 
Di samping dua macam supervisi yang disebut dengan objeknya atausasarannya, ada lagi supervisi yang lebih luas yaitu supervisi lembaga danakreditasi. 
Yang membedakan antara kedua hal tersebut adalah pelaku dan waktu dilaksanakannya. 
Supervisi lembaga dilakukan oleh orang yang ada di dalamlembaga yaitu kepala sekolah dan dari luar lembaga yaitu pengawas secara terusmenerus, sedangkan supervisi akreditasi dilakukan oleh tim dari luar hanya dalamwaktu-waktu tertentu. 
Tujuannya sama yaitu meningkatkan kualitas lembaga baik  parsial maupun keseluruhan. 
Dengan kata lain yang menjadi sasaran atau objek supervisi akademik, supervisi administrasi, supervisi lembaga, dan supervisiakreditasi adalah sama yaitu meningkatkan kualitas lembaga, tetapi lingkup danharapan tentang kualitasnya berbeda.
Dan masih banyak lagi Contoh Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Buku Supervisi Kelas Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: