ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019

ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019.

DEFINISI
Pengertian Alpeka
ALPEKA BOS (Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan BOS Tingkat Sekolah) adalah aplikasi berbasis excel untuk membantu sekolah dalam menyusun dan mengelola laporan keuangan tingkat sekolah. Aplikasi ini dikembangkan atas bantuan program PRIORITAS-USAID. Aplikasi ini bermanfaat untuk memudahkan sekolah dalam penyusunan format laporan keuangan yang ada dalam Petunjuk Pelaksanaan program BOS. Salah satu hasil akhir dari aplikasi ini adalah format BOS K-7 yang selanjutnya digunakan untuk diisikan di Laporan Penggunaan Dana BOS secara online. Aplikasi ini disertai dengan pedoman penggunaannya sehingga setiap sekolah dapat belajar mandiri. Aplikasi ini tidak diperjual-belikan.
Sejarah Alpeka di OKU TIMUR Di Kabupaten OKU TIMUR alpeka sudah digunakan sejak tahun 2012. Sebelumnya yaitu sekitar tahun2011 pernah diadakan workshop BOS oleh kemdikbud di Bandung dan memperkenalkan alpeka.
Namun karena keterbatasan pemahaman dari kami sehingga tidak langsung diaplikasikan pada saat itu kepada seluruh sekolah SD dan SMP.
Penggunaan alpeka dimulai oleh Pak Bahrun, kepala sekolah SDN 20 Martapura. Sejak tahun 2012 beliau konsisten menggunakan alpeka. Imbas positifnya adalah saat lomba tata kelola BOS tahun 2014 secara nasional SDN 20 Martapura mendapat prestasi juara nasional. Menurut beliau kemenangannya karena kontribusi penggunaan alpeka.
Melihat pentingnya alpeka tersebut, Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten OKU TIMUR mulai merencanakan untuk sosialisasi dan pelatihan alpeka kepada seluruh SD dan SMP se-kabupaten OKU TIMUR. Undangan untuk sosialisasi per kecamatan telah dibuat sejak bulan Juni 2015. Gelombang pertama yaitu kecamatan Martapura dengan narasumber pak Bahrun dan pak Sopiyan sebagai peserta lomba tata kelola BOS tingkat nasional. Saya pun belajar dari Pak Bahrun tentang alpeka pada gelombang pertama tersebut.
Gelombang berikutnya dilanjutkan oleh tim dari diknas, saya, Rico dan Entang keliling kecamatan untuk sosialisasi dan pelatihan alpeka. Untuk kecamatan yang berdekatan dengan Martapura mereka dipanggil ke Martapura. Untuk yg jauh, kami ke sana agar lebih efisien tidak memberatkan pihak sekolah.
Dari pihak sekolah yang diundang adalah kepala sekolah dan bendahara / operator. Sempat terjadi kebingungan sebenarnya yang bertanggung jawab terhadap penggunaan alpeka ini bendahara atau operator. Karena yang namanya laporan BOS itu domainnya ada di bendahara sedangkan tidak semua bendahara bisa mudah menggunakan aplikasi. Karena biasanya operator yang lebih terlatih menggunakan aplikasi, berdasarkan pengalaman pada dapodik dan padamu negeri.
Akhirnya disepakati bahwa keputusan pengelolaan alpeka sepenuhnya diserahkan kepada kepala sekolah untuk menentukan siapa PIC (person in charge). Sebaiknya memang bendahara dan operator dapat bekerja sama untuk saling melengkapi dalam pengisian alpeka. Namun itu semua tergantung kondisi di masing-masing sekolah yang dinamis.
Dan masih banyak ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File ALPEKA Aplikasi Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Dana BOS Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: