Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019

Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019.

Sejarah dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan karena satu sama lain saling beriringan, keduanya muncul bersamaan seiring dengan keberlangsungan kehidupan. Sejarah merupakan pemandu bagi kita untuk melangkah ke masa depan, karena sejarah memberikan pengalaman dan mengajarkan kearifan serta kebijaksanaan. Sejarah adalah bentuk eksistensi keberadaan sebuah kebudayaan, suatu bangsa, dan negara.
Sejarah bukan hanya cerita masa lalu yang usang yang kemudian ditinggalkan. Sejarah melekat dalam kepribadian suatu bangsa karena masa lalulah yang membentuk karakter serta kepribadiaan bangsa pada saat ini. Oleh karena itu melalui sejarah, suatu bangsa dapat berjalan ke depan dengan mengacu pada pengalaman-pengalaman masa lampau menuju kearah yang lebih baik.
Sejarah memiliki nilai yang sangat penting, karena sejarah merupakan saksi sekaligus bukti yang tidak saja menggambarkan realitas, tetapi juga menyuguhkan kearifan dan kebenaran yang bisa dijadikan keberlangsungan hidup bangsa ini. Oleh karena itu kesadaran sejarah bagi masyarakat Indonesia harus dibangun dalam upaya memperkuat jati diri bangsa.
Di satu pihak, kondisi Bangsa Indonesia dewasa ini diwarnai berbagai konflik. Sementara di pihak lain, setiap masyarakat pendukung kebudayaan di Indonesia memiliki kearifan sejarah dan nilai budaya untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Dengan demikian, sudah saatnya bangsa Indonesia kembali pada sejarah dan budayanya sendiri. Pemberdayaan sejarah dan nilai budaya dapat memberikan pemahaman serta pandangan yang benar dalam berkehidupan dan memberikan kesadaran atas adanya ikatan persaudaraan sebagai suatu bangsa. Hal tersebut dapat direalisasikan dengan mulai melakukan pengumpulan sumber-sumber sejarah serta pemberdayaan nilai budaya melalui beragam aktivitas seperti kegiatan di perbatasan negara, Gerakan Nasional Cinta Tanah Air (Genta), pemetaan sejarah, dialog, workshop, dan seminar tentang sejarah. Pelbagai kegatan ini melibatkan banyak pihak yang saling bertemu, melihat, dan berdiskusi tentang pikiran dan kondisinya masing-masing. Beragam aktivitas tersebut perlahan memberikan dampak positif bagi kesadaran kesejarahan sebagai suatu bangsa serta pembentukan karakter dan kepribadian bangsa berdasarkan nilai-nilai budaya masyarakat Indonesia.
Penanaman nilai-nilai sejarah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa. Kita tidak dapat menafikan bahwa banyak pihak ikut ambil bagian dalam menggali, menjaga, dan mengapresiasi sejarah di Indonesia. Beragam aktivitas para sejarawan, budayawan, organisasi profesi sejarah, komunitas sejarah, dan masyarakat umum ikut berpartisipasi mengembangkan sejarah Indonesia. Melihat kenyataan ini, pemerintah sebagai fasilitator dan regulator perlu mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan oleh masyarakat.
Beberapa bentuk apresiasi sejarah yang bisa dilakukan antara lain adalah memberikan dukungan terhadap setiap aktivitas kesejarahan. Untuk itu, Direktorat sejarah memfasilitasi berbagai kegiatan kesejarahan dalam upaya penguatan aktivitas yang dilakukan sejarawan, budayawan, organisasi profesi, komunitas dan masyarakat.
Komunitas sejarah yang ada saat ini memiliki idealisme dan komitmen yang kuat terhadap keberlangsungan pengembangan sejarah, akan tetapi mereka terbentur dengan berbagai permasalahan menyangkut legalitas, keterbatasan sarana dan prasarana. Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Sejarah meningkatkan kesadaran sejarah kepada masyarakat dalam bentuk fasilitasi komunitas kesejarahan.
Dan masih banyak Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Juknis Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Kesejarahan Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: