Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019

Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019.

Latar Belakang
Penyelenggaraan otonomi daerah harus diartikan sebagai upaya pemberdayaandaerah dan masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalamsegala bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Untuk meningkatkanperan serta masyarakat dalam bidang pendidikan, diperlukan wadah yang dapatmengakomodasi pandangan, aspirasi, dan menggali potensi masyarakat untukmenjamin demokratisasi, transparansi, dan akuntabilitas. Salah satu wadahtersebut adalah Dewan Pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan Komite Sekolahdi tingkat satuan pendidikan. Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah merupakan amanat rakyat yang telahtertuang dalam UU Nomor Tahun 2000 tentang Program PembangunanNasional Propenas. manat rakyat ini selaras dengan kebijakanotonomi daerah, yang telah memposisikan kabupaten/kota sebagai pemegangkewenangan dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan.
Pelaksanaan pendidikan di daerah tidak hanya diserahkan kepadakabupaten/kota, melainkan juga dalam beberapa hal telah diberikan kepadasatuan pendidikan, baik pada jalur pendidikan sekolah maupun luar sekolah.Dengan kata lain, keberhasilan dalam penyelenggaraan pendidikan tidak hanyamenjadi tanggung jawab pemerintah pusat, melainkan juga pemerintah propinsi,kabupaten/kota, dan pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat atau stakeholder pendidikan. Hal ini sesuai dengan konsep partisipasi berbasis masyarakat (community-based participation) dan manajemen berbasis sekolah (school-based management) yang kini tidak hanya menjadi wacana, tetapi telah mulaidilaksanakan di 1ndonesia. Untuk melaksanakan amanat rakyat tersebut, pada tahun anggaran Pemerintah telah melaksanakan rintisan sosialisasi pembentukan DewanPendidikan dan Komite Sekolah di Propinsi Sumatera Barat, Bali, dan Jawa Timur masing-masing satu kabupaten/kota. Selain itu ada beberapa kabupaten/kotayang telah membentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah berdasarkan inisiatif sendiri. 
Berdasarkan hasil sosialisasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa keberadaanDewan Pendidikan dan Komite Sekolah memang dipandang sangat strategissebagai wahana untuk meningkatkan mutu pendidikan di 1ndonesia. Beberapakalangan masyarakat yang diundang untuk memberikan masukan tentangpembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, pada umumnya sangatantusias dan mendukung sepenuhnya gagasan ini. 
Sesuai dengan aspirasi berbagai kalangan masyarakat tersebut, maka prosespembentukan Dewan Pendidikan di tingkat kabupaten/kota dan Komite Sekolahdi tingkat satuan pendidikan memerlukan program sosialisasi denganperencanaan yang matang. )gar program sosialisasi dapat dilaksanakan denganbaik, diperlukan: 
  • Materi sosialisasi berupa Panduan Umum Dewan Pendidikan
  • dan Komite Sekolah, 
  • Petugas sosialisasi, dan
  • Koordinasi denganpemerintah propinsi dan kabupaten/kota
Dan masih banyak Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Buku Panduan Umum Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah untuk SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA dan SMK Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Buku Panduan Komite Sekolah.zip 

Referensi untuk:
  • panduan umum dewan pendidikan dan komite sekolah 
  • dewan pendidikan dan komite sekolah dalam pp nomor 17 tahun 2010 
  • tugas dan fungsi komite sekolah pengertian komite sekolah dan dewan pendidikan 
  • program kerja komite sekolah 
  • ad art komite sekolah
  • kepmen tentang dewan pendidikan dan komite sekolah 
  • komite sekolah pdf
  • komite sekolah adalah

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: