Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019

Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs http://www.materipendidikan.net/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019.

Latar Belakang
Latar belakang Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum 2013 antara lain sebagai berikut: 
1. Konseling sebagai bagian integral dari sistem pendidikan di sekolah memiliki peranan penting berkaitan dengan pemenuhan fungsi dan tujuan pendidikan serta peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Pendidikan dapat memanfaatkan konseling sebagai mitra kerja dalam melaksanakan tugasnya sebagai rangkaian upaya pemberian bantuan. 
2. Bimbingan dan Konseling diposisikan oleh negara sebagai profesi yang terintegrasikan sepenuhnya dalam bidang pendidikan, yaitu dengan menegaskannya dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Dalam Undang-Undang tersebut ditegaskan bahwa konselor adalah pendidik profesional, sebagaimana juga guru, dosen dan pendidik lainnya.
3.Dengan kedudukan demikian itu, para konselor sebagai pemegang profesi konseling dituntut untuk sepenuhnya menyukseskan upaya pendidikan dalam berbagai jalur, jenjang, dan jenisnya.
 
Makna tersebut di atas amatlah luas dan mendasar, yang memberikan arahan dan sekaligus menyimpulkan peran pelayanan konseling (biasa disebut pelayanan bimbingan dan konseling, disingkat BK) yang berkembang di Indonesia sejak tahun 1960-an sampai kondisinya sekarang ini. Berkenaan dengan implementasi kurikulum 2013 yang dimulai tahun ini khusus untuk kegiatan bimbingan dan konseling, Kurikulum 2013 menegaskan adanya daerah garapan yang disebut peminatan siswa. Bidang peminatan ini menjadi substansi pokok pekerjaan para konselor atau guru bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah/madrasah. Meskipun demikian, pelayanan Bimbingan dan Konseling tentulah tidak hanya sekedar menangani program atau wilayah peminatan saja. Tugas konselor tentulah jauh lebih luas daripada bidang peminatan itu sendiri, yaitu menyangkut pengembangan pribadi peserta didik ke arah kemandirian diri mereka, yang juga mampu mengendalikan diri. Hal ini menjadi sangat penting ketika kita menyaksikan peserta didik yang kurang disiplin, nakal, suka tawuran, dan sebagainya. Tugas konseling yang memandirikan dan membina kemampuan pengendalian diri itu sejalan dan bahkan terintegrasikan dengan tugas guru yang menjadikan peserta didik benar-benar menguasai materi pelajaran yang diajarkan. Pendidikan karakter yang materinya sangat penting dikuasai dan dilaksanakan oleh peserta didik terintegrasikan sepenuhnya di dalam tugas utama guru dan konselor itu. Dalam Kurikulum 2013 kegiatan bimbingan dan konseling yang lebih luas itu diisi dengan pelayanan bimbingan dan konseling arah peminatan yang membesarkan kedirian peserta didik sesuai dengan potensi, bakat, dan minat mereka masing-masing. Dengan demikian, pelayanan bimbingan dan konseling memberikan pelayanan arah peminatan siswa dengan sungguh-sungguh di satu sisi, dan di sisi lain layanan peminatan itu tidak boleh melemahkan pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh. Untuk itu perlu disusun panduan umum bagi terselenggarakannya pelayanan Bimbingan dan Konseling secara menyeluruh dan panduan khusus peminatan yang lebih terarah, jelas dan efisien sehingga dapat digunakan menjadi arahan kerja dan pegangan bagi para konselor pada satuan-satuan pendidikan di seluruh tanah air. Kinerja konselor yang menggunakan kedua panduan itu sejalan dan tersinkronisasikan dengan kinerja guru demi suksesnya proses pembelajaran dalam pengembangan peserta didik secara optimal.

Deskripsi Singkat
Modul ini membahas tentang Posisi BK dalam Kurikulum 2013 dan Program BK yang mengarah kepada pelayanan peminatan peserta didik. Maksud modul ini agar peserta didik dapat merencanakan dan menyelenggarakan program BK sesuai dengan langkah-langkah pokok layanan peminatan. Lingkup materi yang akan dibahas adalah 
(1) Posisi BK dalam Kurikulum 2013 
(2) Program BK dan 
(3) Implementasi Program BK.

Dan masih banyak Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 lainnya.

Berikut ini File Buku Materi Pelatihan BK (Bimbingan Konseling) SMA SMK Implementasi Kurikulum 2013 Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: