Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru Tahun 2018/2019

Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru Tahun 2018/2019

Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file tentang Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru Tahun 2018/2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru Tahun 2018/2019

Salah satu permasalahan pendidikan di Jawa Tengah saat ini adalah masih tingginya Angka Putus Sekolah (APS). Data menunjukkan bahwa usia 16-18 tahun yang seharusnya berada di bangku SMA sederajad, ternyata 67,9 persen tidak sekolah. Angka Partisipasi Kasar (APK) di Jawa Tengah masih di bawah rerata nasional. Sementara, Angka Putus Sekolah (APS) di Jawa Tengah menempati peringkat ke-24 secara nasional. Sedangkan Angka Partisipasi Murni (APM), hanya 56 persen saja dan menjadi tantangan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menuju
wajib belajar 12 tahun.
Fakta di atas menunjukkan fenomena sosial bahwa semakin miskin masyarakat akan semakin sulit untuk mengakses pendidikan. Hal tersebut diperkuat dengan fakta bahwa disparitas angka partisipasi pendidikan antar daerah masih cukup tinggi. Pencapaian APK suatu provinsi sangat berkorelasi dengan tingkat kemiskinan provinsi. Semakin miskin suatu provinsi cenderung semakin rendah APK-nya.
Permasalahan masyarakat miskin adalah tingginya biaya pendidikan, baik biaya langsung maupun tidak langsung. Biaya langsung meliputi antara lain, iuran sekolah, buku, pakaian/seragam, dan alat tulis, sementara biaya tidak langsung meliputi biaya transportasi, uang saku, dan biaya lain-lain. Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi SMA, SMK dan SLB, baik untuk kelas X, XI dan XII, merupakan salah satu alternatif untuk memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang mampu untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas dan sederajad, di samping upaya pencegahan kemungkinan putus sekolah. Sepuluh ribu ( 10.000 ) siswa miskin SMA, SMK dan SLB yang mendapatkan BSM masing-masing nilai Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah) memang belum signifikan untuk menuntaskan masalah putus sekolah atau menaikkan APK dan APM SMA, SMK dan SLB di Jawa Tengah, namun setidaknya kehadiran Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di tengah-tengah masyarakat kurang mampu dapat dirasakan manfaatnya.
Melalui Program Bansos Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan semakin memberikan motivasi kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan peran sertanya dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembiayaan pendidikan, sehingga APK dan APM SMA, SMK dan SLB semakin meningkat dan Angka Putus Sekolah (APS) SMA, SMK dan SLB di Jawa Tengah semakin berkurang.
Dan masih banyak lagi contoh" lainya. 

Berikut ini File Download Juknis BSM (Bantuan Siswa Miskin) SMA SMK SLB Terbaru Tahun 2018/2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: