Download Contoh Format Administrasi Sekolah dan Madrasah Lengkap Terbaru 2017/2018

Download Contoh Format Administrasi Sekolah dan Madrasah Lengkap Terbaru 2017/2018



Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file tentang Download Contoh Format Administrasi Sekolah dan Madrasah Lengkap Terbaru 2017/2018 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Download Contoh Format Administrasi Sekolah dan Madrasah Lengkap Terbaru 2017/2018

Tenaga Administrasi  Sekolah merupakan  tenaga pendidikan  yang  memegang  peran penting dalam meningkatkan layanan administrasi sekolah. Terkait dengan hal tersebut maka tenaga administrasi sekolah perlu memiliki kompetensi yang dipersyaratkan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.
Dalam rangka mewujudkan tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berkompeten, maka perlu disusun Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan fungsinya tersebut.
Salah satu upaya untuk membimbing tenaga administrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah telah menyusun panduan kerja dimaksud dan menerbitkannya menjadi sebuah buku Panduan Kerja Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah. Panduan kerja ini berisi penjelasan tentang pelaksanaan tugas kepala tenaga administrasi, pelaksana urusan, dan petugas layanan khusus sekolah/madrasah.
Panduan kerja ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya dalam melakukan pembinaan bagi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat  dalam rangka mencerdaskan  kehidupan bangsa, bertujuan  untuk  berkembangnya  potensi  peserta  didik  agar  menjadi  manusia  yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut diperlukan sumber daya pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan yang meliputi tenaga kependidikan, masyarakat,  dana,  sarana,  dan prasarana.  Sebagai  sumber  daya pendidikan,  tenaga kependidikan bertugas melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan,  dan pelayanan  teknis untuk menunjang  proses pendidikan  pada satuan pendidikan. Tenaga Administrasi Sekolah merupakan tenaga kependidikan yang bertugas memberikan dukungan layanan administrasi sekolah pada jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK/MAK, atau bentuk lain yang sederajat.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi  Sekolah/Madrasah  menjelaskan  bahwa  tenaga  administrasi sekolah/madrasah  terdiri atas kepala tenaga administrasi sekolah/madrasah,  pelaksana urusan,  dan petugas  layanan  khusus.  Pelaksana  Urusan  meliputi  pelaksana  urusan: administrasi kepegawaian, administrasi keuangan, administrasi sarana prasarana, administrasi humas, administrasi persuratan dan kearsipan, administrasi kesiswaan, administrasi  kurikulum,  dan administrasi  umum  untuk SD/MI/SDLB.  Petugas  layanan khusus, meliputi penjaga sekolah, tukang kebun, pengemudi dan pesuruh. Berdasarkan peraturan tersebut, untuk dapat diangkat sebagai tenaga administrasi sekolah/madrasah, seseorang wajib memenuhi standar tenaga administrasi sekolah/madrasah yang berlaku secara nasional.

Kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah mencakup  kompetensi  kepribadian,  sosial,  teknis,  dan  manajerial.  Pelaksana  Urusan
meliputi kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis pelaksana urusan, sadangkan Petugas
Layanan Khusus mencakup kompetensi kepribadian, sosial, dan teknis petugas layanan khusus.
Panduan  Kerja  Tenaga  Administrasi  Sekolah/Madrasah  disusun  sebagai  acuan  bagi tenaga administrasi  sekolah/madrasah  agar dapat melaksanakan  tugas dan fungsinya dengan baik.
Dan masih banyak lagi contoh" lainya. 

Berikut ini File Download Contoh Format Administrasi Sekolah dan Madrasah Lengkap Terbaru 2017/2018 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :



Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: