Download Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017/2018

Download Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP Terbaru Tahun 2017/2018


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net ini akan membahas dan membagikan file tentang Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP yang sebagaimana Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP tersebut.

Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang Rencana Pem­ bangunan Jangka Menengah Nasional  2015­2019 menjelaskan, bahwa sasaran pembangunan di bidang pendidikan antara lain peningkatan kualitas pelayanan pendidikan, tersedianya kurikulum yang handal, dan tersedianya sistem penilaian yang komprehensif. Untuk itu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan  Badan Penelitian dan Pengembangan, Ke­ menterian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Penilaian Pendidikan, menyusun Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Panduan ini berisi konsep penilaian, penilaian oleh pendidik yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta penilaian oleh satuan pendidikan. Di samping itu, dalam panduan ini diuraikan cara menetapkan KKM dan mengisi rapor. Panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan dalam  merencanakan dan  melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan hasil penilaian, serta membuat laporan pen­capaian kompetensi peserta didik.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menyam­paikan  ucapan  terima kasih  dan penghargaan yang setinggi­tingginya atas peran berbagai pihak dalam penyusunan panduan ini. Secara khusus disampaikan ucapan terima kasih dan peng­hargaan kepada tim penyusun yang telah bekerja keras dalam menuntaskan panduan ini.

Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada tahun 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam  mengimplementasikan Kurikulum
2013 adalah penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menya­takan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik adalah merumuskan indikator, menyusun butir­butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan menggunakan berbagai  macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan, karena belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.
Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butir­ butir soal pengetahuan, karena  kurang  memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir­butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, yang dikom­ binasikan dengan  keterampilan berpikir tingkat  rendah hingga tinggi.

Berdasarkan hasil monitoring tersebut satuan pendidikan juga mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah  penetapan KKM, penentuan predikat dan deskripsinya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagaikompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran atau KKM satuan pendidikan. Di samping itu, satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan kebijakan berkaitan dengan  nilai hasil remedial.

Selain itu hasil monitoring juga menunjukkan bahwa  pendidik maupun satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam melaku­kan pengolahan nilai, pemanfaatan, dan pelaporannya.

Memperhatikan permasalahan­permasahan di atas, perlu  disu­sun Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan  satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Aplikasi e-Rapor berbasis Web
E-Rapor SMP adalah aplikasi berbasis  web, di mana dalam satu sekolah aplikasi  ini cukup diinstal pada server atau komputer yang difungsikan sebagai server.

Sedangkan client (dalam hal ini admin, guru, wali kelas, dan peserta didik,kepala sekolah dan orang tua) dapat mengakses melalui komputer lain yang terhubung melalui jaringan baik internet, maupun intranet, dengan menggunakan web browser.

Berikut ini File Panduan Penilaian SMP Revisi 2017 dan Panduan e-Rapor SMP yang bisa Anda Download Secara Gratis.

Untuk selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: