Download Format Laporan Pertanggung Jawaban Dana BOP PAUD Terbaru Tahun 2017

Download Format Laporan Pertanggung Jawaban Dana BOP PAUD Terbaru Tahun 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net akan memposting tentang PFormat Laporan Pertanggung Jawaban Dana BOP PAUD yang sebagaimana aplikasi yang kami share ini sangat di cari dan dibutuhkan untuk memperlancar Rencana Pelaksanaan dan Pertanggung Jawaban Dana BOP PAUD, Sebagai berikut sedikit uraian kami dibawah ini.

Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini hampir 98% diselenggarakan oleh masyarakat (swasta). Hingga saat ini jumlah lembaga PAUD di seluruh Indonesia mencapai 190.161 lembaga. Terdiri dari 80.257 Taman Kanak-Kanak (TK), 78.061 Kelompok Bermain (KB), 3.480 Taman Penitipan Anak (TPA), 28.649 Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan 490 TK Negeri Pembina.

Untuk meningkatkan layanan PAUD berkualitas dalam bentuk Taman Kanak-Kanak, Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, dan Satuan PAUD Sejenis di seluruh Kab/Kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh individu, kelompok, yayasan, organisasi maupun Pemerintah Daerah di satuan PAUD atau Lembaga, satuan pendidikan PKBM, SKB, badan keagamaan, dan satuan pendidikan nonformal lainnya yang sudah memiliki Nomor Pokok Satuan PAUD Nasional (NPSN).

Program Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) PAUD sudah dimulai sejak tahun 2002 dengan nama Bantuan Kelembagaan PAUD. Dan pada tahun 2009 berganti nama menjadi BOP PAUD. BOP PAUD berfungsi sebagai bantuan untuk meringankan biaya pendidikan bagi anak dari keluarga tidak mampu (miskin) untuk memperoleh layanan PAUD Yang Bermutu.

Penggunaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan  BOP Pendidikan Anak Usia Dini diatur dalam PERMENDIKBUD No 2 Tahun 2016
A. Kegiatan Pembelajaran (Minimal 50% dari dana BOP) digunakan untuk
  • Buku-buku pembelajaran PAUD yang dibutuhkan
  • Peralatan pembelajaran seperti kertas, krayon, spidol, pensil, bahan pakai habis dan bahan pembelajaran sejenis lainnya
  • Kegiatan pertemuan dengan orang tua/wali murid, kunjungan ke rumah anak.PAUD
B. Kegiatan  Pendukung (Maksimal 35%) digunakan untuk
  • Penyediaan buku administrasi
  • Pembelian alat-alat Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), pembelian obat-obatan ringan,  dan isi kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
  • Biaya pertemuan guru di kegiatan Gugus PAUD, menghadiri kegiatan peningkatan kapasitas pendidik, dan transport petugas kesehatan kunjung
  • Menambah transport pendidik
  • Penyediaan makanan sehat. 
C. Kegiatan Lainnya (Maksimal 15%) digunakan untuk
  • Perawatan sarana dan prasarana termasuk perbaikan dan pengecatan ringan
  • Dukungan penyediaan alat-alat publikasi PAUD
  • Langganan listrik, telepon/internet, air

Berikut ini File Format Laporan Pertanggung Jawaban Dana BOP PAUD Terbaru Tahun 2017 Yang Bisa Anda Download Secara Gratis

Demikian untuk uraian dah share kami di atas, semoga dengan adanya berkas tersebut bisa di jadikan sebagai acuan bagi Guru atau yang jelas bersangkutan dengan pendidikan.
Untuk selengkapnya anda bisa download berkas tersebut yang sudah kami sediakan link di bawah ini:

LINKDOWNLOAD :



Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: