Download Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD Terbaru 2017

Download Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD Terbaru 2017


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs materipendidikan.net akan sedikit menerangkan dan membagikan file tentang Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD yang mungkin panduan tersebut sangat di butuhkan di kalangan Bapak/Ibu guru atau yang bersangkutan dengan pendidikan, sebagai berikut.

Perpustakaan sekolah merupakan bagian integral dari program sekolah yang mendukung proses pembelajaran yang dan sepenuhnya dikelola oleh sekolah.yang bersangkutan. Perpustakaan sekolah merupakan bagian dari sarana dan prasana yang wajib ada untuk menunjang pendidikan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan. Pasal 23 ayati (1)Undang-Undang nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan menyatakan bahwa, setiap sekolah/madrasah menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan standar nasional pendidikan. 
Standar Nasional perpustakaan tersebut menjadi acuan dalam pendirian, pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan yang berlaku sama secara nasional.
Perpustakaan sekolah merupakan unit kerja yang menyediakan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan selain itu berperan sebagai sumber belajar bagi peserta didik, guru, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah yang keberadaannya tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan sekolah, juga Perpustakaan sekolah harus dapat memberikan layanan melayani peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya agar untuk memperoleh kesempatan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan sesuai dengan kurikulum danserta pembelajaran yang dilaksanakan. Perpustakaan sekolah bukan hanya berfungsi sebagai unit kerja yang menyediakan bahan bacaan untuk menambah pengetahuan dan wawasan, akan tetapi merupakan sumber belajar bagi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah yang keberadaannya sebagai bagian integral yang tidak dapat dipisahkan dengan keberadaan sekolah.
Namun berdasarkan fakta menunjukkan bahwa terdapat banyak di lapangan, banyak perpustakaan di sekolah, khususnya sekolah dasar, yang belum termanfaatkan dengan baik da optimal.
Bahkan terdapat beberapa kasus alih fungsi ruang perpustakaan menjadi ruang kelas atau ruang guru/kepala sekolah. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang organisasi dan tata kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, melalui Sub Direktorat Kurikulum, bertugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan, koordinasi, dan pelaksanaan kebijakan, norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis dan supervisi, fasilitasi penjaminan mutu, di bidang kurikulum sekolah dasar.Sesuai tugas dan fungsi tersebut, Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar menyusun panduan pemanfaatan dan pengembangan perpustakaan untuk menjamin optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan mutu pembelajaran di SD.

Tujuan
Tujuan penyusunan panduan pemanfaatan dan pengembangan perpustakaan adalah :
1. Untuk memberikan acuan bagi sekolah dan pemangku kepentingan dalam mengoptimalkan pemanfaatan dan
pengembangan perpustakaan sekolah dasar, sudut baca kelas, dan area baca sekolah.

Definisi
  • Perpustakaan Sekolah/Madrasah adalah perpustakaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan
  • pembelajaran dan berfungsi sebagai pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan
  • yang berkedudukan di sekolah/madrasah. Sudut baca kelas adalah suatu sudut atau tempat lain
  • dalam kelas yang digunakan untuk menata buku atau sumber belajar lainnya dalam rangka meningkatkan minat
  • baca dan belajar peserta didik.
  • area baca sekolah adalah suatu tempat atau area di lingkungan sekolah atau di luar kelas yang ditata sedemikian rupa untuk mewadahi kegiatan membaca.
  • Pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan
  • kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.
  • Pemustaka adalah pengguna perpustakaan, yaitu perseorangan, kelompok orang, masyarakat, atau lembaga
  • yang memanfaatkan fasilitas layanan perpustakaan.
  • Pendidikan pemustaka adalah kegiatan perpustakaan yang bertujuan menjadikan pemustaka mampu mendayagunakan
  • bahan pustaka secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya.
  • Bahan pustaka adalah semua hasil karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam.
  • Bahan pustaka adalah semua informasi dalam bentuk karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam dalam berbagai
  • media yang mempunyai nilai pendidikan, yang dihimpun, diolah, dan dilayankan.
  • Standar Nasional Perpustakaan adalah kriteria minimal yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan,
  • pengelolaan, dan pengembangan perpustakaan di wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Literasi informasi adalah kemampuan mengenal kebutuhan informasi untuk memecahkan masalah, mengembangkan
  • gagasan, mengajukan pertanyaan penting, menggunakan berbagai strategi pengumpulan informasi, menetapkan informasi yang cocok, relevan dan otentik.
  • Promosi perpustakaan adalah aktivfitas memperkenalkan fasilitas, koleksi, jenis layanan, dan manfaat perpustakaan.
  • Jenjang baca adalah sebuah sistem yang mengategorikan kemampuan membaca dan pemahaman peserta didik terhadap bahan bacaan/teks.
  • Jenjang buku adalah sebuah sistem yang pengategorian buku bacaan berdasarkan tingkat kesulitan dan kompleksitas
  • teks hingga komposisi ilustrasi dalam bahan bacaan.
Pemanfaatan Perpustakaan untuk Membacakan
Buku dengan Nyaring dan Membaca Bersama
Indikator ketercapaian membacakan nyaring dan membaca bersama:
Perpustakaan memiliki jadwal kegiatan dan jadwal guru/pustakawan/tenaga perpustakaan yang bertugas melakukan kegiatan membacakan nyaring dan membaca bersama.
Terlaksananya kegiatan membacakan nyaring dan membaca bersama sesuai jadwal.
Perpustakaan memiliki buku untuk kegiatan membacakan nyaring dan membaca bersama.
Keterampilan (kelancaran dan pemahaman) membaca peserta didik meningkat.

Pengembangan Perpustakaan
1. Promosi Perpustakaan
  • Promosi perpustakaan adalah upaya yang dilakukan sekolah untuk mengenalkan koleksi dan kegiatan di perpustakaan.
  • Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014, promos ipelayanan perpustakaan dilakukan untuk meningkatkan citra perpustakaan dan mengoptimalkan penggunaan perpustakaan serta meningkatkan budaya kegemaran membaca masyarakat. Promosi pelayanan perpustakaan dilakukan berkesinambungan dan perlu didukung dana yang memadai.
  • Kegiatan promosi melibatkan semua warga sekolah, terutama pustakawan/tenaga perpustakaan, guru, maupun peserta didik/pemustaka. Bentuk promosi yang dilakukan melalui majalah dinding (mading),kegiatanpeningkatan minat baca, dan lomba-lomba terkait perpustakaan.
Majalah Dinding
Majalah dinding adalah bentuk media promosi dengan memanfaatkan papan/media lainnya yang dipajang di dalam atau di luar ruangan perpustakaan. Mading berisikan informasi terkait koleksi, kegiatan di perpustakaan, -karya peserta didik dan guru.
Dan masih banyak lagi penjelasan yang di berikan tentang Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD, selengkapnya bagi anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut kami sudah menyediakan file Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD di akhir postingan ini.

Berikut ini File  Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis

Demikian untuk keterangan dan share kami di atas yang membahas tentang Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD tersebut semoga apa yang kami posting bisa dijadikan pedoman bagi Bapak/Ibu Guru yang sedang membutuhkan informasi atau File yang kami bagikan ini.
Untuk selengkapnya anda bisa download langsung link Panduan Pemanfaatan dan Pengembangan Perpustakaan SD tersebut yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: