Perangkat Akreditasi Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA

Perangkat Akreditasi Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA


Halo Bapak/Ibu guru untuk postingan materipendidikan.net kali ini kami akan sedikit membahas bagiian-bagian yang bersangkutan dengan judul Perangkat Akreditasi Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA sebagai berikut.
Sekolah merupakan suatu  lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (menurut KBBI). Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah/madrasah.
Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi.

Akreditasi memiliki beberapa pengertian, di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. (KBBI);
  2. Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya. (KBBI);
  3. Kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. (Akhmad sudrajat).
  4. Kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS) yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002.

Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak sekolah mengenai masa berlaku akreditasi yang telah diperolehnya, antara lain:
  • Peringkat akreditasi berlaku selama 4 tahun terhitung sejak ditetapkannya peringkat akreditasi,
  • Sekolah wajib mengajukan permohonan reakreditasi yaitu 6 bulan sebelum masa akreditasi berakhir,
  • Sekolah yang meghendaki reakreditasi bisa mengajukan permohonan sekurang-kurangnya 1 atau 2 tahun setelah penetapan akreditasi,
  • Sekolah yang masa akreditasinya telah berakhir dan sudah mengajukan permohonan reakreditasi namun belum ditindak lanjuti maka sekolah tersebut masih menggunakan peringkat akreditasi terdahulu,
  •  Sekolah yang masa akreditasnya berakhir dan menolak untuk reakreditasi maka peringkat akreditasi yang terdahulu sudah tidak berlaku.
Dan yang terakhir manfaat dari Akreditasi sebagai berikut :
  • Acuan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan rencana pengembangan sekolah.
  • Bahan masukan untuk pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah.
  • Pendorong motivasi peningkatan kualitas sekolah secara gradual.
  • Selain sebagai sekolah yang berkualitas, sekolah yang terakreditasi ini juga mendapatkan dukungan dari pemerintah, masyarakat maupun sektor swasta dalam hal moral, dana, tenaga dan profesionalisme.

Inilah Perangkat Akreditasi Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA yang bisa Bapak/Ibu Guru Download Secara Gratis

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan Perangkat Akreditasi Terbaru Tahun 2017 SD SMP SMA ini semoga apa yang kami posting ini bisa sangat membantu/mempermudah rekan-rekan dalam melaksanakan kinerjanya, dan sebelumnya kami sangat berterimakasih atas kunjungan rekan-rekan yang mungkin sedang membutuhkan berkas dari blog materipendidikan.net ini, untuk lebih detailnya lagi rekan-rekan bisa langsung download file tersebut dengan berupa link yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: