Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017

Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017



Halo Bapak/Ibu Guru dalam kesempatan kali ini kami dari situs materipendidikan.net ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017
Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.
Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau
komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet
yang resolusinya lebih kecil.

Sekolah merupakan suatu  lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat menerima dan memberi pelajaran (menurut KBBI). Sebuah sekolah akan bermutu jika terdapat pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang yang disebut akreditasi sekolah/madrasah.

Pemerintah melakukan akreditasi untuk menilai kelayakan program atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, terencana  dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi. Pemerintah menetapkan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) dengan Peraturan Mendiknas Nomor 29 Tahun 2005. BAN-S/M adalah badan evaluasi mandiri yang menetapkan kelayakan program atau satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur formal dengan mengacu pada standar  nasional pendidikan.

Akreditasi memiliki beberapa pengertian, di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu. (KBBI)
  • Pengakuan oleh suatu jawatan tentang adanya wewenang seseorang untuk melaksanakan atau menjalankan tugasnya. (KBBI)
  • Kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah. (Akhmad sudrajat).

Kegiatan penilaian kelayakan dan kinerja suatu sekolah berdasarkan kriteria (standar) yang telah ditetapkan dan dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS) yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat kelayakan sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Pendidikan Nasional 087/U/2002.
Dari beberapa pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa yang dimaksud dengan akreditasi adalah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan.

Berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002, akreditasi sekolah mempunyai tujuan, yaitu 
(1) memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu
(2) menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan. 
Tujuan akreditasi tersebut berarti bahwa hasil akreditasi itu:

Memberikan gambaran tingkat kinerja sekolah yang dijadikan sebagai alat pembinaan, pengembangan dan peningkatan sekolah baik dari segi mutu, efektivitas, efisiensi, produktivitas dan inovasinya.
Memberikan jaminan kepada publik bahwa sekolah tersebut telah diakreditasi dan menyediakan layanan pendidikan yang memenuhi standar akreditasi nasional.
Memberikan layanan kepada publik bahwa siswa mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan persyaratan standar nasional.

Inilah Aplikasi Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 ini, semoga apa yang kami posting ini bisa membantu/mempermudah Bapak/Ibu Guru untuk melaksanakan kinerjanya. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.
Selengkapnya bagi yang sedang membutuhkan file tersebut bisa langsung download link Panduan SisPenA Sistem Informasi Penilaian Akreditasi Sekolah Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: