Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017


Halo Bapak/Ibu Guru dan Siswa/Siswi dalam kesempatan kami ini kami akan sedikit menerangkan/membahas tentang Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 sebagai berikut.
Buku Guru  adalah panduan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Berikut ini penjelasan tentang fungsi buku guru.
Sebagai Petunjuk Penggunaan Buku Siswa
Guru harus mempelajari terlebih dahulu Buku Guru. Guru harus menemukan informasi sebagai berikut.
  • Urutan acuan materi pelajaran yang dikembangkan dari Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar dari masing-masing muatan pelajaran, yang kemudian dipadukan  dalam satu tema tertentu.
  • Jaringan tema dari masing-masing tema yang berisi kompetensi dasar dan indikator dari masing-masing muatan pelajaran yang harus dicapai.
  • Pemilahan pembelajaran yang dikembangkan dari subtema dengan tujuan agar guru secara bertahap dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa.
  • Sebagai Acuan Kegiatan Pembelajaran di Kelas
  • Buku Guru menyajikan hal-hal sebagai berikut.
  • Menjelaskan tujuan pembelajaran yang harus dicapai pada setiap pilahan pembelajaran dari masing-masing subtema.
  • Menjelaskan media pembelajaran yang dapat digunakan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar  guru sudah menyiapkan media-media pembelajaran yang diperlukan.
  • Menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran agar dapat membantu guru dalam menyusun rencana pelaksanaaan pembelajaran, dengan sistematis mengikuti langkah-langkah pembelajaran tersebut.
  • Menjelaskan tentang teknik dan instrumen penilaian yang dapat digunakan dalam setiap pilihan pembelajaran yang mungkin memiliki karakteristik tertentu.
  • Menjelaskan jenis lembar kerja yang sesuai dengan pilahan pembelajaran yang ada dalam Buku Siswa.
  • Penjelasan tentang Metode dan Teknik Pembelajaran  yang Digunakan dalam Proses Pembelajaran

Dalam proses belajar mengajar guru adalah orang yang memberikan pelajaran. Dalam kamus bahasa Indonesia, guru diartikan “orang yang kerjanya mengajar” (Pusat Bahasa, 2001:377). Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar mengajar, yang ikut berperan serta dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan”. Tugas guru sebagai seorang pendidik yang memahami fungsi dan tugasnya, guru khususnya ia dibekali dengan berbagai ilmu keguruan sebagai dasar, disertai pula dengan seperangkat latihan keterampilan keguruan dan pada kondisi itu pula ia belajar menyosialisasikan sikap keguruan yang diperlukannya. Seorang yang berpribadi khusus yakni ramuan dari pengetahuan, sikap, dan keterampilan keguruan yang akan ditransformasikan kepada peserta didik atau siswanya.

Dalam melaksanakan tugasnya garu adalah profesional.  Pekerjaan profesional akan senantiasa menggunakan teknik dan prosedur yang berpijak pada landasan intelektual yang harus dipelajari secara sengaja, terencana, dan kemudian dipergunakan demi kemaslahatan orang lain (Sardiman, 2011:133). Guru yang memahami fungsi dan tugasnya tidak hanya sebatas dinding sekolah saja, tetapi juga sebagai penghubung sekolah dengan masyarakat yang juga memiliki beberapa tugas menurut Rostiyah (dalam Djamarah, 2000:36). Sebagai tugas profesional guru harus membuat perencanaan dan seterusnya. Perencanaan pengembangan keprofesian tertuang juga pada buku pedoman guru.

Buku Guru memuat informasi tentang metode dan teknik pembelajaran yang digunakan sebagai acuan penyelenggaraan proses pembelajaran.
Berikut ini adalah bagian-bagian dari uraian pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • Jaringan Pembelajaran
  • Jaringan pembelajaran memuat kompetensi dasar dan indikator muatan pelajaran yang dipadukan pada kegiatan pembelajaran. Kompetensi Dasar yang dimuat adalah Kompetensi Dasar dari KI 3 dan KI 4.
  • Tujuan Pembelajaran
  • Tujuan pembelajaran dirumuskan sesuai dengan indikator muatan pelajaran yang akan dibahas pada pembelajaran. Guru dapat menambahkan tujuan pembelajaran atau mengoreksi tujuan pembelajaran bila ada perubahan muatan pelajaran dan indikator pada jaringan pembelajaran tersebut.
  • Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
  • Bagian ini memberikan informasi mengenai media dan alat pembelajaran yang dibutuhkan dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah kegiatan yang direncanakan. Guru harus memastikan bahwa media dan alat pembelajaran tersebut tersedia/disiapkan. Guru diperkenankan untuk memperkaya media, alat, dan sumber pembelajaran agar pembelajaran  lebih menarik dan menyenangkan. Selain itu, guru dapat memanfaatkan media  teknologi informasi (TI) dalam pembelajaran.
  • Kegiatan Pembelajaran
  • Sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, kegiatan pembelajaran tematik di kelas menerapkan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dilakukan melalui proses kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen/mencoba, mengasosiasi/mengolah informasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Pendekatan saintifik diimplementasikan dalam pembelajaran bertujuan untuk melatih siswa berpikir tingkat tinggi (high order thinking). Namun sangat dimungkinkan bagi guru untuk memperkaya langkah-langkah kegiatan yang sudah ditawarkan di buku guru.
  • Kegiatan pembelajaran pada buku guru menjelaskan setiap ikon kegiatan pada buku siswa. Misalnya, ikon pada buku siswa adalah “Ayo Menyanyi” dengan percaya diri, maka pada buku guru dijelaskan langkah-langkah kegiatan yang ditempuh untuk membelajarkan kegiatan tersebut. Pada buku guru juga terdapat penjelasan materi yang dapat digunakan oleh guru sebagai tambahan referensi untuk memperkaya materi.
  • Pengayaan dan Remedial
  • Bagian ini menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan pengayaan bagi siswa yang sudah mencapai kompetensi dan ingin lebih ditingkatkan kemampuannya. Selain itu, juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk memberikan remedial bagi siswa yang belum mencapai kompentesi.
  • Penilaian
  • Sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, penilaian pada pembelajaran tematik adalah penilaian autentik. Oleh karena itu, pada buku guru dicantumkan teknik-teknik penilaian, yang meliputi penilaian nontes dan tes. Sebagai panduan bagi guru, pada buku guru telah disediakan instrumen penilaian dan rubrik penilaian sesuai dengan proses pembelajaran yang dilakukan. Guru dimungkinkan untuk memperbaiki instrumen penilaian dan menambah instrumen penilaian sesuai dengan indikator yang ditetapkan.

Inilah file Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 Silahkan Download Secara Gratis.

Demikian untuk keterangan/pembahasan kami di atas, semoga apa yang kami posting ini bisa sangat bermanfaat bagi rekan-rekan semua yang mungkin sedang membutuhkan informasi atau beberapa file dari Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 ini.
Selengkapnya anda bisa langsung download link Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XII (12) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Buku Siswa:

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: