Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017

Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017


Halo Guru-guru semua dimanapun anda berada ketemu lagi dengan kami di postingan materipendidikan.net ini dan dalam kesempatan kali ini kami akan sedikit menerangkan/membahas tentang Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 nah sebagai berikut.
Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini.

Beberapa Cara Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai berikut :
  • Buku Guru berhubungan dengan Buku Siswa, karena Buku Guru memandu pembelajaran yang sesuai dengan Buku Siswa. Penggunaan Buku Guru dan Buku Siswa tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
  • Bukalah Buku Guru tema tertentu
  • Cermatilah halaman yang berjudul Tentang Buku Guru dan Bagaimana Menggunakan Buku Guru. Ikutilah petunjuk yang ada pada halaman tersebut.
  • Rancangan pembelajaran setiap Tema dibagi dalam rancangan subtema yang tampak pada jaringan subtema atau Pemetaan Kompetensi Dasar pada Buku Guru. Guru diharap  mencermati jaringan subtema yang memuat Kompetensi Dasar Muatan Pelajaran yang akan dicapai pada satu minggu, sesuai dengan judul subtema.
  • Jaringan subtema terdiri atas jaringan subtema untuk KD dari KI I dan II, serta jaringan subtema untuk KD dari KI 3 dan 4.
  • Jaringan subtema KD dari KI 3  dan KI 4 dijabarkan lagi menjadi jaringan Kompetensi Dasar dan Indikator setiap pembelajaran.
  • Cermatilah jaringan setiap pembelajaran Pemetaan Indikator pada Buku Guru yang memuat Kompetensi Dasar yang akan dicapai berdasarkan rumusan indikatornya.
  • Setelah mencermati indikator yang akan dicapai pada setiap pembelajaran, cermatilah tujuan pembelajaran yang terdapat di Buku Guru.
  • Perhatikan langkah-langkah kegiatan yang terdapat pada Buku Guru.
  • Hubungkanlah langkah-langkah kegiatan pembelajaran pada Buku Guru dengan penjabaran kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa.
  • Guru dapat memodifikasi rancangan pembelajaran di Buku Guru untuk disesuaikan dengan kondisi kelas. Apabila rancangan berubah, maka guru harus membuat penyesuaian juga dalam pembelajarannya.
  • Pada Buku Guru juga terdapat media, alat, dan sumber pembelajaran yang digunakan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Namun, guru juga dapat mengganti atau menambahkan media, alat, dan sumber pembelajaran sesuai dengan kondisi kelas.
  • Cermatilah halaman Remedial dan pengayaan yang terdapat pada Buku Guru sebagai panduan ketika guru akan melaksanakan kegiatan tersebut.
  • Di dalam Buku Guru terdapat contoh-contoh teknik penilaian, guru dapat membuka halaman penilaian sebagai panduan manilai siswa.

Tiga aspek kompetensi yang ditumbuhkan dan dikembangkan disepanjang  kegiatan pembelajaran yang meliputi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Ketiga aspek pokok ini kemudian menjadi acuan bagi guru dalam mengampu kegiatan pembelajaran. Ketiga aspek ini diambil dari tujuan pembelajaran pada hari yang pembelajaran yang bersangkutan.

Rangkaian kegiatan pembelajaran yang dirancang untuk memfasilitasi tercapainya kompetensi yang menjadi target pada hari yang bersangkutan. Kegiatan pembelajaran tersebut dirancang untuk menumbuhkan dan mengembangkan sikap, keterampilan dan pemahaman terhadap pengetahuan. Satuan pendidikan atau guru diperbolehkan untuk menyesuaikan kegiatan dengan kondisi satuan pendidikan atau kelas dan memilih kegiatan yang lain, selama kegiatan tersebut tetap bisa memfasilitasi ketercapaiaan kompetensi baik dari ranah pengetahuan, keterampilan maupun sikap, dengan tetap memperhatikan keterpaduan pendekatan saintifik dan penilaianautentik.

PROSES ANALISIS BUKU GURU DAN BUKU SISWA
  • Buku Guru dan Buku Siswa saling berhubungan sehingga proses analisis dapat dilakukan secara silmultan. Berikut akan dijelaskan mengenai proses analisis tersebut.
  • Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) dari Kompetensi Inti (KI) 1 dan 2
  • Pada buku guru, pemetaan KD dari KI 1 dan 2 disiapkan setiap subtema. Namun dalam jaringan KD harian (tiap PB) KD dari KI 1 dan 2 tidak dimunculkan karena ketercapaiannya diperoleh dari pembelajaran tidak langsung (indirect learning). Harapannya guru bisa memilih aspek spiritual (KI 1) maupun aspek sosial (KI 2) sesuai dengan aktivitas pembelajaran harian yang sedang dilakukan.
  • Pemetaan kompetensi Dasar KI 3 dan 4
  • Pada buku guru pemetaan KD dari KI 3 dan 4 disediakan tiap subtema (mingguan). Pemetaan ini masih akan dijabarkan lagi dalam pemetaan KD harian.
  • Pemetaan Kompetensi Dasar tiap PB (harian)
  • Pada buku guru sudah disiapkan pemetaan KD dan indikator pada masing-masing pembelajaran (PB) untuk memudahkan guru mengajar harian. Berikut ini contoh tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan, subtema 1 Macam-macam Peristiwa dalam Kehidupan, Pembelajaran 1:
  • Meskipun telah disediakan pemetaan di setiap PB, guru hendaknya mengkaji apakah masih masih diperlukan KD tambahan pada pembelajaran hari itu. Untuk kepentingan penyusun RPP (harian), guru perlu menambahkan KD dari KI 1 dan 2 yakni sikap spiritual dan sikap sosial. Penambahan KD bisa melihat pada pemetaan KD dari KI 1 dan 2 pada tiap subtema.
  • Guru hendaknya mencermati indikator setiap KD. Untuk pembelajaran harian, setiap KD minimal dijabarkan dalam satu indikator karena KD tersebut kemungkinan dibelajarkan lagi pada subtema yang lain. Meskipun sudah ada contoh indikator pada buku guru, guru perlu mengkaji ulang indikator tersebut. Guru diperbolehkan untuk memperbaiki indikator yang tertera pada buku guru. Dalam merumuskan indikator harus menggunakan kata kerja operasional yang terukur.
  • Tujuan Pembelajaran
  • Pada buku guru telah diberika contoh pembelajaran sebagai paduan bagi guru apa yang akan dicapai. Guru diperbolehkan untuk menambah atau merubah tujuan pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik dan lingkungan tempat belajar. Tujuan pembelajaran idealnya membuat A (audience)yakni siswa; B (behavior) kemampuan yang akan dicapai (membedakan, menjelaskan, dll), (condition) yakni kondisi atau kegiatan yang akan dilakukan siswa (membaca teks, mengamati gambar, diskusi, dll); D (degree) tingkatan (dengan benar, sesuati prosedur, dengan santun, percaya diri, dll). Misal: dengan menggali informasi dari teks bacaan, peserta didik mampu menjelaskan manfaat air bagi kehidupan menusia dengan teliti.
5.Media, alat bantu dan sumber belajar
Pada buku siswa ada media gambar yang telah disediakan, namun masih terbatas. Dengan demikian guru diharapkan bisa menambah media yang sesuai tema yang sedang dibahas.

Pada tema 2 subtema 2 disajikan beberapa gambar ekspos tentang peristiwa-peristiwa penting, guru diharapkan dapat memperkaya media yang disediakan dengan membawa berbagai macam gambar atau foto peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan tujuan pembahasan. Guru juga dapa meminta siswa untuk membawa gambar atau foto yang berkaitan dengan tujuan kegiatan pembelajaran.

Demikian pula dengan sumber belajar, materi tidak terbatas pada buku siswa saja. Guru bisa mengajak siswa mengamati lingkungan, membaca buku referensi lain, membaca berita Koran, atau melihat tayangan tentang hewan di TV/video.

6.Kegiatan Pembelajaran
Pada kegiatan pembelajaran perlu diperhatika mengenai pendekatan saintifik dan high order thinking.
Pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan  saintifik yang memuat kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/menalar dan mengkomunikasikan. Langkah-langkah pembelajaran tersebut telah dituangkan dalam buku guru.

Inilah File Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai keterangan/pembahasan kami diatas tentang Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 ini dan semoga apa yang kami posting ini bisa membantu/mempermudah rekan-rekan untuk melaksanakan kinerjanya.
Selengkapnya anda bisa langsung download yang berupa link Buku Guru dan Siswa SMA Kelas XI (11) Kurikulum 2013 Terbaru 2017 yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDOWNLOAD :


Buku Siswa:

Banyak diButuhkan Guru


Subscribe to receive free email updates: